• 25-Apr-2018

Indonesia Kejutkan Eropa

  • Selasa, 20 Februari 2018 13:02 | Penulis: Bert Toar Polii
2nd European Winter Games

Tim Indonesia Man Red yang diperkuat Henky Lasut/Eddy Manoppo, Franky Karwur/Jemmy Bojoh dan Ronny Eltanto/Youbert Sumarauw  dengan Non Playing Captain Bert Toar Polii  yang hanya di seeded ke 35 tampil mengejutkan di 2nd European Winter Games yang sedang berlangsung di Montecarlo Monaco.

Diikuti 78 tim dari 36 negara yang berasal dari berbagai belahan dunia, Indonesia mampu menyodok ke peringkat 11 dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar.Tim Indonesia memang masih dianggap sebelah mata, sehingga regu Mahaffey kombinasi pemain Amerika Serikat dan Norwegia yang tampil sebagai juara pertama langsung memilih tim Indonesia sebagai lawannya di babak 16 besar.

Para pemain dari kedua tim memang sudah saling mengenal karena sering berhadapan di berbagai event.Jeff Meckstroth yang berpasangan dengan Zia Mahmood merupakan musuh lama dari pasangan legendaris Indonesia, Henky Lasut/Eddy Manoppo sedangkan Boye Brogeland seangkatan dengan Franky Karwur. Boye Brogeland berpasangan dengan Espen Lindqvist. Kedua tim akan bertarung memainkan 3 segmen @20 papan atau berlangsung seharian penuh hari ini.

Pemenang akan lolos ke babak 8 besar sedangkan yang kalah bertanding di FMB Trophy. Keistimewaan memilih lawan ini sering menjadi boomerang karena biasanya lawan yang terpilih akan tampil ngotot untuk membuktikan sebaliknya.Seandainya Indonesia bisa mengalahkan tim ini maka jalan menuju tangga juara akan lebih mudah karena menggantikan keistimewaan sang juara babak penyisihan dimana “bracket” berikutnya mendapat lawan yang lebih ringan.

Pertandingan segmen pertama akan disiarkan keseluruh dunia melalui BBO sehingga penggemar bridge dunia bisa menyaksikan terutama juga yang dari Indonesia. Siaran di BBO akan dimulai pukul 16.00 WIB.

Sayang sekali Tim Mixed Team Red yang diperkuat Lusje Bojoh/Taufik Asbi dan Joice Tueje/Robert Tobing dengan Playing Captain Kamto seeded 36 yang dihari pertama tampil mengesankan harus gugur. Kegagalan ini lebih disebabkan karena Taufik Asbi jatuh sakit sehingga Kamto menggantikan pada hari kedua dan ketiga.

Tim Indonesia lainnya, Mixed White yang diperkuat Vita Lasut/Bill Mondigir, Syarifah Nina Tirta Ayu/Elwindra dengan Playing Captain Handojo Susanto tampil memukau dan berpeluang lolos ke babak 16 besar. Mereka kalah di session terakhir dari babak penyisihan  dari Sabine Auken dkk. Sabine Auken dkk lolos ke babak 16 besar. Seandainya mereka yang menang pasti mereka lolos karena pada saat bertanding peringkat mereka lebih tinggi.

Tim yang tidak lolos ke babak 16 besar akan melanjutkan pertandingan untuk memperebutkan FMB Trophy yang akan berlangsung mulai hari ini. FMB Trophy akan memainkan babak penyisihan hari ini dengan 3 session BAM @18 papan per session. 3 session lagi babak penyisihan akan berlangsung besok bersamaan dengan babak 8 besar. Regu-regu yang kalah dari 16 besar otomatis akan ikut di FMB Trophy.