• 15-Dec-2017

Indonesia Raih Medali Pertama 2nd SEABF Championship

  • Kamis, 7 Desember 2017 8:12 | Penulis: Bert Toar Polii
Suasana pertandingan pasangan

2nd SEABF adalah lanjutan dari Asean Bridge Club Championships yg sdh berjalan puluhan tahun dimulai tahun 1978. secara bergantian di 5 negara Asean. Indonesia, Thailand, Philippina, Singapura dan Malaysia. Tahun 2015 baru dibentuk South East Asia Bridge Federation dgn Presiden pertamanya M Bambang Hartono dari Indonesia. Kejuaraan pertama SEABF berlangsung tahun 2016 di Singapura dan yg kedua di Indonesia. Walaupun ini kejuaraan antar negara Asean tapi untuk menambah bobotnya maka negara-negara di luar Asean yg ingin ikut diperkenankan sejak tahun 1981. Namun mereka tdk berhak atas Piala bergilir yg diperebutkan. Mereka diberi hadiah tersendiri sebagai peserta non-Asean.

Tahun ini di Jakarta ada peserta non Asean yang merupakan gabungan pemain top dari dari Inggris, Paul Hackett dan mantan juara Bermuda Bowl dari Swedia, Terje Lie. Ada 6 nomor utama yg dipertandingkan, yaitu Open Pairs, Mixed Team, Open Team, Ladies Team, Senior Team dan Youth Team. Peserta berdatangan dr kelima negara Asean yg disebut diatas. Hari ini telah menyelesaikan nomor open pairs yg dimenangkan oleh pasangan dr Indonesia. Di papan skor juaranya tercantum Edy/Edys yang membuat bingung para penggemar bridge. Rupanya kedua pemain hanya mencantumkan nama panggilannya. Kedua pemain ini awalnya pemain junior dari UAB ITB Bandung. Nama lengkapnya Eddy Supriyanto/Edwin Adriyanto. Mereka berdua mulai main bridge sejak masuk kuliah tahun 1999 hingga menyelesaikan kuliahnya. Selanjutnya masih ikut turnamen sekali-sekali tapi aktif bermain di BBO dengan nickname daun212 dan Edys. Mereka berdua sudah berpasangan sejak tahun 2001 dan bermain sistim Standart. Sebagai juara kedua pasangan Thailand Tharischalatorn/Terasak J disusul pasangan Indonesia lainnya Youbert Sumarauw/Ronny Eltanto dan kombinasi pasangan Inggris/Swedia Paul Hackett/Terje Lie. Peserta kejuaraan pasangan ini ada 56 pasangan dari berbagai negara.

Besok akan dipertandingkan nomor mixed team. Selanjutnya pada tanggal 8-9 babak penyisihan open, Ladies, senior dan Youth team dimana finalnya akan berlangsung tanggal 10 Desember. Sejak penyelenggaraan pertama, Indonesia menjadi langganan juara umum.